SI-IPIN

Tentang Kami

Aliquam erat volutpat. Nunc erat massa, porttitor vel egestas sit amet, tristique at massa. Donec posuere odio neque, in ultricies lorem aliquet eu. Donec venenatis libero a nulla placerat egestas.

SELENGKAPNYA

Kontak

Telp

+62 123 456 7890,
+62 987 654 3210

Lokasi

Jl. Cilik Riwut Km. 5,5 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, IDN

SELENGKAPNYA

Kelompok Wanita Pengolah Limbah Hasil Perikanan Mendukung Peningkatan Perekonomian dan Pengelolaan Lingkungan Pesisir Kalimantan Tengah

Desa Ujung Pandaran Kabupaten Kotawaringin Timur di daerah pesisir, laki-laki sebagai kepala rumah tangga umumnya berperan sebagai nelayan menangkap ikan di laut untuk mata pencaharian, sementara istri kebanyakan tidak mempunyai pekerjaan lain selain mengurus rumah tangga. Hal ini sangat disayangkan mengingat perempuan selain menjadi ibu rumah tangga juga turut berperan untuk membantu meningkatkan ekonomi keluarganya. Akselerasi peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah pesisir diharapkan dapat lebih cepat dicapai dengan membentuk kelompok ekonomi masyarakat pesisir. Kelompok khusus yang terbentuk ini dapat diberikan pembinaan secara menyeluruh, terstruktur dan terencana sesuai dengan prinsip pemberdayaan yaitu helping the poor to help themselves (menolong orang yang tidak mampu agar berdaya untuk menolong diri sendiri). Kelompok ekonomi yang terbentuk perlu didukung dengan membuka akses terhadap informasi permodalan dan peningkatan keterampilan teknis masyarakat. Kegiatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 19-20 April 2018 yang lalu, bertujuan untuk mendukung kelompok ekonomi masyarakat pesisir berupa pelatihan akses permodalan dan pelatihan keterampilan pengolahan hasil limbah perikanan.